Mahasiswa Teknik Mesin UMM menjadi Konsultan Biogas


Mojokerto – Minggu (27/11) lalu Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin berkunjung ke peternakan milik Bambang Sukmono. Mahasiswa berkunjung untuk menjadi konsultan “electricity plant” berbahan bakar biogas, bagi salah satu pengusaha peternakan di daerah Mojokerto ini.

Diawali karena ketertarikan akan Tugas Akhir milik Budi Wirawan (2006), Pak Bambang menghubungi Budi untuk menjadi konsultan atas pengolahan limbah peternakannya. Namun saat dihubungi yang bersangkutan sedang mempersiapkan keberangkatan ke Turkey. Dengan demikian Budi merekomendasikan hal tersebut kepada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin lainnya untuk memberikan arahan kepada Bapak Bambang. Dengan diwakili oleh Tri Adhi Nugraha, Bobby Akbar, Selly Riansyah, Hafid Anas,dan Koko Tri Wahyudi proyek tersebut membuka peluang baru bagi mahasiswa jurusan teknik mesin sebagai konsultan pengolahan Biogas.

Kegiatan ini akan dilakukan dalam bentuk kerjasama secara berkelanjutan. Kerjasama berkelanjutan tersebut menekankan pada pembangunan Instalasi Reaktor Biogas hingga biogas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Dengan kepercayaan penuh Pak Bambang meminta pihak mahasiswa untuk Memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk menghasilkan energi listrik. Perancangan Unit Instalasi Biogas Suatu Peternakan nantinya juga dapat dimanfaatkan untuk lahan skripsi maupun proyek pengembangan penelitian universitas.

Sebagai langkah awal mahasiswa jurusan teknik mesin memang hanya menjalin kerjasama pada salah satu peternakan ini. Peternakan yang terletak di Dusun Kemasan, Desa Kemasan Tani, Kecamatan Gondang, Mojokerto ini akan menjadi percontohan penerapan Instalasi reaktor Biogas. Harapan ke depannya, penerapan percontohan pada salah satu peternakan ini dapat mendorong masyarakat untuk mengolah Limbah kotoran ternak menjadi hal yang lebih bermanfaat. Tidak hanya untuk memasak tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik energi terbarukan. (DNA/TIK/UYA)

Perihal ichaelbykerz24
I really love all about a Music because Music is my Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: